Sebaran keanekaragaman hayati dunia


Kekayaan spesies di dunia yang telah diidentifikasi dan didiskripsikan oleh ilmuwan diprediksi berjumlah sekitar 1.413.000 spesies; kebanyakan berasal dari spesies serangga dan tumbuhan. Sementara jumlah spesies serangga, bakteri, dan jamur yang belum terungkap diperkirakan berjumlah 5 juta spesies  (Wilson 1992).  Kekayaan spesies tertinggi di dunia terdapat di hutan-hutan tropika humida, hutan tropika musiman, terumbu karang, laut dalam, dan danau-danau besar di wilayah tropika. Tingginya nilai keanekaragaman hutan tropika humida disebabkan oleh tingginya kelimpahan serangga, berbagai spesies burung, mamalia, dan tumbuhan. Sedangkan tingginya spesies di lautan kemungkinan karena usia yang sudah tua, daerah yang meluas, isolasi laut oleh benua, stabilitas lingkungan laut, dan spesialisasi pada suatu sedimen tertentu. Adapun keanekaragaman pada danau tropik tinggi karena radiasi evolusi yang cepat pada ikan dan spesies lain.

Keanekaragaman hayati terbesar ditemukan di hutan-hutan tropika, meskipun kawasan tropika hanya mencakup 7% dari luas seluruh permukaan bumi, namun lebih dari 50% spesies dunia dapat dijumpai di hutan tropika. Perkiraan perhitungan ini berdasarkan jumlah kelompok serangga dan arthropoda yang dianggap paling beragam di dunia. Diperkirakan di hutan tropika terdapat sekitar 5 juta sampai dengan 30 juta spesies hidup yang belum dikenal oleh ilmuan. Diketahui pula, sekitar 40% spesies tumbuhan berbunga dunia ditemukan di hutan tropika, dan diprediksi 30% spesies burung hidupnya bergantung kepada hutan tropika.
Ekosistem terumbu karang disusun oleh koloni hewan karang kecil dan memiliki kekayaan spesies dan kompleksitas setara dengan hutan tropika humida. Terumbu karang menghasilkan 2500 gram biomassa/m2/tahun sedangkan lautan terbuka hanya menghasilkan 125 gram biomassa/m2/tahun. Tingginya kekayaan spesies pada terumbu karang disebabkan oleh terbentuknya relung khusus di antara spesies karang, dan adanya adaptasi terhadap berbagai tingkat gangguan. Great Barrier Reef Australia merupakan terumbu karang terbesar di dunia, memiliki 350 spesies karang, 1500 spesies ikan, 4000 spesies moluska, 5 spesies penyu, dan tempat berbiak 252 spesies burung UNEP 1988).

0 comments: