SEKAPUR SIRIH



Penyajian blog berjudul All about: Plant Evolution, Diversity, Ecologi dengan alamat http://ecodivo.blogspot.com merupakan tugas akhir kelompok mahasiswa Program Doktor di Departeman Biologi (Botani) PPS IPB, Bogor dalam mengambil mata kuliah Keragaman, Evolusi, dan Ekologi Tumbuhan (BIO731). Mata kuliah tersebut diampu oleh Dr. Ir. Ibnul Qayim dengan bobot 3 SKS.  

Sebagai tim yang terdiri dari 7 (tujuh) mahasiswa kami beri nama Tim Ekodivo. Tim ini terbagi  atas tiga kelompok kerja yang masing-masing mengerjakan a) bagaimana hubungan keragaman dengan evolusi, b) bagaimana hubungan keragaman dengan ekologi tumbuhan, dan c) bagaimana hubungan keragaman, evolusi dengan ekologi tumbuhan.

Tim Ekodivo telah bekerja secara maksimal melalui diskusi kelompok, pencarian dan pengumpulan materi, dilanjutkan dengan review, pembuatan blog, dan terakhir mengunggah materi artikel ke blog. Sebagai Tim kami menyadari sepenuhnya bahwa hasil penyajian blog tersebut masih jauh dari harapan, karena kami masih dalam proses belajar dan memerlukan bimbingan oleh pakar yang berkompeten dalam bidang ilmu ini. Segala kritik dan masukan yang sifatnya membangun untuk menjadi lebih baik dari materi yang tersaji saat ini sangatlah kami perlukan dan kami harapkan. 

Akhirnya kami sampaikan terimakasih banyak kepada teman-teman Tim Ekodivo atas semangat dan kerja kerasnya. Semoga blog ini akan menjadi tonggak baru rintisan bagi mahasiswa Program Doktor yang mengambil mata kuliah Keragaman, Evolusi, dan Ekologi Tumbuhan tahun perkuliahan 2014/2015 agar materinya semakin lengkap, saling berintegrasi, dan tambah menarik.

                                                                                                    Bogor, Januari 2014
                                                                                                         Tim Ekodivo 


Deskripsi Matakuliah Keragaman, Evolusi, dan Ekologi Tumbuhan (BIO731-3 SKS), dosen: Dr. Ir. Ibnul Qayim
Membahas tentang keragaman tumbuhan dari berbagai sudut pandang, seperti keragaman morfologi, anatomi, fisiologi, dan genetika yang dikaitkan dengan perjalanan evolusi dan ekologi dari tumbuhan tersebut. Disamping itu juga dibahas tentang mekanisme adaptasi dari berbagai ragam tumbuhan terhadap ekologi tertentu. Topik-topik terbaru dari aspek-aspek tersebut di atas akan menjadi bahan diskusi mahasiswa.



Tim Ekodivo:
merupakan mahasiswa Program Doktor Departemen Biologi (Botani) PPS IPB tahun 2013/2014, terdiri atas:
1. Syahnada Jaya Syaifullah/G363130031 
2. Nurul Fitriah/G363130061 
3. Idha Susanti/G363130021 
4. Erina Sulistiani/G363124021 
5. Aswarina Nasution/G363130041 
6. Simon Tarno/G363130051 
7. Budi Prasetyo/G363130011


0 comments: